Cara Membuat Watermark di Ms Word 2007

Cara Membuat Watermark Pada Halaman Word – Watermark biasanya digunakan untuk menandai sebuah halaman. 

Watermark bisa berupa tulisan ataupun gambar logo. Dalam lembar kerja microsoft word juga anda dapat menyematkan watermark. 

Bagaimana cara membuat watermark akan dijelaskan secara lebih detail dalam pembahasan kali ini. Selamat membaca.






Pengertian Watermark


Watermark adalah gambar mengidentifikasi atau pola di kertas yang muncul sebagai berbagai nuansa gelap / terang jika dilihat oleh cahaya yang ditransmisikan (atau jika dilihat oleh cahaya yang dipantulkan, di atas latar belakang gelap), yang disebabkan oleh variasi ketebalan atau kepadatan di koran.

Pengertian tersebut adalah pengertian watermak secara umum yang diberikan oleh situs besar wikipedia. Yang dimaksud watermark yang akan kita bahas tidak sejauh yang ada pada pengertian tersebut. Watermark yang dimaksud disini adalah sebuah tanda berupa tulisan atau gambar yang transparan yang terletak di halaman yang berisi tulisan tertentu.

Fungsi Watermark


Untuk apa sih watermark itu ? Watermark biasanya digunakan untuk memberi tanda atau penanda sebuah dokumen. Misalnya contoh format dokumen tertentu. Bisa juga digunakan untuk pemberian identitas kepemilikan sebuah dokumen atau keaslianya. Watermark juga berfungsi untuk meminimalisir plaiarisme. Nah bagaimana cara membuat watermark ? Mari kita bahas lebih lanjut dalam artikel ini.

Cara Membuat Watermark Pada Halaman Word


Kita batasi pembahasan kita hanya pada microsoft word. Karena watermark dapat kita buat juga pada software – software yang lainya.

Langkah – langkah membuat watermark


  • Pertama buka program ms word
  • Kedua buka dokumen yang akan diberikan watermark jika ada, kalo tidak biarkan kosong
  • Ketiga dari toolbar menu kita pilih “Page Layout”
  • Di kotak “Page Background” kita pilh “Watermark”

Cara Membuat Watermark Pada Halaman Word

  • Silahkan pilih tema yang sobat inginkan
  • Apbila ingin memasukan gambar sebagai watermark klik di “Custom Watermark”
  • Silahkan sobat pilih dulu salah satu tema tersebut. Disana terdapat beberapa tulisan yang telah ada secara default. Bagaimana bila ingin mengganti tulisan tersebut. Sobat klik lagi di watermark kemudian pilih custom watermark untuk pengaturanya.
  • Untuk lebih jelasnya lihat gambar berikut ini.


Cara Membuat Watermark Pada Halaman Word

Cara Membuat Watermark Pada Halaman Word

  • Apabila sobat mempunyai gambar yang akan sobat jadikan watermark maka sobat tinggal klik di “Custom Watermark” kemudian pilih “Picture Watermark”. Setelah sobat pilih gambar yang diinginkan setinglah ukuran gambar yang akan ditampilkan. Kemudian klik “Apply” kemudian “Ok”.



Cara Menghilangkan Watermark


Sampai sini dapat dipahami kan cara membuat watermark pada halaman word. Mudah – mudahan dapat dimengerti. Sekarang bagaimana apabila kita akan menghapus atau menghilangkan watermark tersebut ?. Gampang sekali silahkan sobat klik di “Watermark” kemudian pilih “Remove Watermark”.

Nah sobat, demikian pembahasan cara membuat watermark pada halaman word. Mudah – mudahan bermanfaat. Baca juga pembahasan lain seperti cara menyisipkan gambar pada halaman word. Sampai jumpa di postingan berikutny

Comments

Popular posts from this blog

Membuat Efek Emboss Realistik Dengan Perintah Transparency Dan Gaussian Blur

Membuat Bola Billiard Dengan Corel Draw